Saturday 7 January 2017

Perjanjian di Samarra





Suatu hari saya menonton sebuah film, "Sherlock Holmes: The Six Thatchers".

Film yang saya tunggu-tunggu ini nyatanya memang luar biasa. Bagi yang ingin menontonnya bisa melalui link di bawah sini:

https://goo.gl/662uRg


Namun bukan ini inti dari post ini.
Dalam film ini ada sebuah cerita yang berasal dari Iraq, sebuah cerita berjudul perjanjian di samarra.
Penasaran? dibawah saya sertakan cerita ini.


"PERJANJIAN DI SAMARRA"

Kematian berbicara:

Ada seorang pedagang di Baghdad yang mengirim pelayannya ke pasar untuk membeli persediaan. dalam beberapa saat sang pelayanpun kembali, wajahnya putih pucat dan badanya gemetar, lalu ia berkata.

"Tuanku, sejujurnya ketika aku masih berada di pasar aku didorong oleh seorang wanita di kerumunan, dan ketika aku berbalik, aku melihat kematian, kematianlah yang mendorongku. Dia menatapku dan menggertakku. Jadi sekarang wahai tuanku, pinjamkanlah kudamu kepadaku, aku akan lari dari kota ini untuk menghindari takdirku. Aku akan pergi ke Samarra , disanalah Kematian tak akan menemukanku."

Pedagang itu meminjamkan kudanya untuk pelayannya, secepat mungkin sang pelayan menaruh pelana di punggung lalu ia hentakkan pacu secepat mungkin, secepat derapan lari kuda ia pergi.

Lalu pergilah pedagang itu menemuiku di pasar, dia melihatku berdiri di keramaian, lalu mendekat dan bertanya.

"Mengapa kau menggertak pelayanku ketika kau melihatnya tadi pagi?"

"Itu bukan gertakan." kataku.

"Aku hanya terkejut dan heran bertemu dengannya disini, karena sesungguhnya aku memiliki janji dengannya untuk bertemu di Samarra malam nanti."

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa kembali lagi :)